Image Text

Rabu, 30 Januari 2013

PELAYANAN KESEHATAN DASAR DI INDONESIA MELALUI PUSKESMAS

puskesmas (garutkab)

Dalam menyelenggarakan upaya kesehatan yang telah dikembangkan pada Sistem Kesehatan Nasional (SKN), diperlukan suatu tatanan yang mencerminkan upaya bangsa Indonesia untuk meningkatkan kesadaran,  kemauan,  dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan yang optimal. Pusat Kesehatan Masyarakat atau disebut  Puskesmas sebagai suatu lembaga yang memberikan pelayanan kesehatan tingkat pertama dan bersifat dasar yang sangat dibutuhkan oleh sebagian besar masyarakat serta mempunyai nilai yang strategis untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.
Puskesmas diharapkan mampu menyediakan informasi kesehatan yang dibutuhkan antara lain melalui pelayanan rekam medis. Dalam menjalankan aktivitasnya puskesmas memiliki suatu sistem informasi manajemen yang lebih dikenal dengan Sistem Informasi Manajemen Puskesmas (SIMPUS) yaitu suatu tatanan yang mencakup komponen masukan merupakan data tentang kesehatan, komponen proses, dan komponen keluaran. Sistem informasi ini digunakan sebagai bahan dalam proses pengambilan keputusan dalam manajemen kesehatan, yang mencakup perumusan kebijakan, perencanaan strategis, manajemen operasional dan manajemen pengendalian pengawasan.
Akan tetapi pada pelaksanaannya, terdapat beberapa kendala yang menjadikan fungsi dari puskesmas tidak dapat berkembang dengan baik, diantara kendala tersebut adalah tingkat kesadaran masyarakat kita yang masih rendah dalam hal kesehatan di kawasan tertentu. Disamping itu juga kualitas sumber daya masyarakat yang kurang mumpuni dalam menjalankan tugasnya.
Sudah bukan rahasia lagi apabila terdapat beberapa oknum petugas kesehatan yang nakal , mengabaikan tugas yang telah di embankan pada saat sang oknum petugas tersebut pertama kali di terima.
Melalui ayobai, ayo rekan rekan sesama tenaga kesehatan, mari kita bangkit menuju indonesia yang lebih baik dengan membangun kualitas SDM dan mentalitas di bidang kesehatan. Untuk menyatukan tangan dengan rekan lain di berbagai daerah, sekarang sudah tersedia akses internet yang dapat menjadi jembatan dalam menyatukan visi dan langkah menuju indonesia yang lebih baik.
Penulis : Arif Yulianto 
Indonesia Memilih Indonesia Memilih Indonesia Memilih Indonesia Memilih

0 Komentar
Twit
Komentar

0 komentar:

Posting Komentar