Image Text

Rabu, 30 Januari 2013

Peluang Strategi Pengembangan Pariwisata dan Kebudayaan melalui dunia Internet


Kebudayaan dan pariwisata merupakan dua komponen yang bisa dikatakan sebagai simbiosis mutualisme. Kebudayaan indonesia sangat heterogen dan sangat kaya dan kita dapat memperkenalkannya melalui pariwisata kepada seluruh dunia. Sehingga, kebudayaan nasional indonesia dapat diketahui oleh seluruh penjuru dunia. Salah satu strategi, ialah melalui dunia maya. Dari dunia maya, dengan mudahnya kita dapat memperkenalkan pariwisata Indonesia sekaligus memperkenalkan kekayaan kebudayaan nasional indonesia. Kini dunia internet semakin mudah diakses, sehingga sebagai jalan yang sangat bagus pula untuk memperkenalkan kebudayaan dan pariwisata Indonesia melalui internet/ dunia maya.

Maka kebangkitan Indonesia bisa dicapai salah satunya melalui kebudayaan dan pariwisata, yang merupakan sektor yang cukup berpotensi memberikan feedback yang baik kepada bumi pertiwi. Namun memang, tidak cukup dengan itu saja , banyak sektor-sektor yang harus dipenuhi untuk mewujudkan kebangkitan Indonesia melalui kebudayaan dan pariwisata. Sebelum, mulai mengembangkan pariwisata dan kebudayaan terlebih kita harus mencintai dan bangga terlebih dahulu dengan keanekaragaman khasanah budaya Indonesia, dan juga keindahan sektor pariwisata dalam negeri sendiri. Kalau kita sendiri saja belum bangga akan kebudayaan dan pariwisata dalam negeri , bagaimana kita mampu memperkenalkan kebudayaan dan pariwisata ke dunia internasional?
Kini dunia semakin canggih, teknologi berkembang begitu pesatnya. Terlebih lagi dunia internet, semua orang, tak peduli umur, sudah semakin mudah mengakses internet. Dunia maya/ internet begitu mudahnya menghubungkan orang dari seluruh penjuru dunia. Hal ini bisa dimanfaatkan sebagai media dalam memperkenalkan pariwisata beserta khasanah kebudayaan majemuk Indonesia, sehingga pasti lah sebagai sebuah peluang kebangkitan Indonesia melalui sektor kebudayaan dan pariwisata.

Peluang yang bisa diambil dari dunia maya ialah, melalui pengembangan situs-situs yang mempunyai misi dan visi memperkenalkan pariwisata dan kebudayaan ke seluruh penjuru dunia. Tentunya, situs2 tersebut secara signifikan dan berkualitas mengungkapkan segala keunggulan dan menunjukkan betapa bangga dan cintanya terhadap pariwisata dan kebudayaan Indonesia.

Pariwisata merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia terutama yang berkaitan dengan kegiatan sosial dan ekonomi. Hal ini dirasakan oleh Indonesia sebagai negara berkembang. Kini Indonesia sebaghai negara berkembang dalam proses pengembangannya, tetap berjuang berusaha membangun industri pariwisata sebagai salah satu cara untuk mencapai sektor neraca perdaganggan yang sesuai harapan sehingga, dengan kata lain jika pariwisata Indonesia semakin berkembang dan maju maka tidak menutup kemungkinan neraca perdaganggan Indonesia juga semakin tinggi.

Selain itu, melalui pariwisata, kita juga bisa memperkenalkan Kebudayaan bumi pertiwi. Sebagai contoh, wisatawan yang berwisata ke Bali, maka akan bertemu dengan tari khas Bali, upacara-upacara adat Bali yang nantinya akan dikenal oleh para wisatawan yang berkunjung disana. Sehingga, para wisatawan juga akan mengenal bahwa Indonesia kaya akan kebudayaan yang patut dijaga sampai kapanpun.

Sehingga, melalui strategi memperkenalkan pariwisata dan kebudayaan Indonesia melalui dunia maya atau internet maka akan sangat membantu dalam tahap pengembangan Indonesia di sektor pariwisata dan kebudayaan. Sehingga, harapan kedepannya adalah semakin berkembang dan maju pariwisata serta kebudayaan Indonesia. Dengan demikian, jika pariwisata maju maka kebudayaan juga akan semakin dikenal dan terjaga, disisi lain kemajuan dari sektor pariwisata juga pastinya dapat memberikan efek positif terhadap neraca perdaganggan Indonesia. Hal tersebut, dapat meningkatkan pula perekonomian Indonesia. Begitulah, peluang dari memperkenalkan pariwisata dan kebudayaan Indonesia melalui strategi pemanfaatan dunia maya atau Internet sebagai media publikasi ke seluruh penjuru dunia.
di tulis : http://www.ayobai.com/aprilia99
Indonesia Memilih Indonesia Memilih Indonesia Memilih Indonesia Memilih

0 Komentar
Twit
Komentar

0 komentar:

Posting Komentar