Image Text

Rabu, 30 Januari 2013

Wirausaha dan Internet


Perekonomian  memang suatu hal yang penting  bagi kita semua. Tak ada seorang pun yang lepas dari yang namanya perekonomian. Tapi sayangnya perekonomian di Negera yang kita cintai ini lumayan memperihatinkan. Banyak warga Indonesia yang pendapatannya tidak mencukupi keperluannya sehari-hari.  Maka dari itu kita harus bersikap kreatif harus menimbulkan ide-ide baru jangan hanya berpangku tangan saja. Selain itu kita harus berfikir produktif  yaitu mereka yang berani berusaha dengan semaksimal mungkin untuk menciptakan usaha atau produk yang baru, mereka itu disebut Wirausaha. Sifat yang produktif membuat berbagai masalah kehidupan, khususnya dibidang perekonomian terasa mudah karena di dalam jiwa wirausahawan terdapat pula optimisme yang luar biasa yang tidak semua orang memilikinya. Selain itu, Ia juga memiliki kesadaran yang tinggi untuk menemukan peluang-peluang dan membuat keputusan. Pembaca sekalian pasti juga pernah membaca atau mendengar kisah-kisah sukses dari orang-orang disekeliling anda atau di belahan Bumi yang berbeda. “Kesuksesan” adalah impian setiap insan.

Perkembangan Zaman begitu cepatnya bagai angin berhembus lalu begitu saja yang menyebabkan kita terlena. Tapi tidak bagi orang-orang yang bersifat produktif mereka terus melawan tiada rasa lelah dalam batin mereka . Apalagi sekarang perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi semakin pesat dan merupakan kesempatan kita bagi para wirausahawan yang dapat dijadikan sebuah peluang  emas . Lihat saja Internet merupakan sebuah kebutuhan hampir di seluruh penjuru negeri Indonesia, bahkan dunia berbagai kemudahan yang ditawarkan di dalamnya sebagai contoh  misalkan kita mencari sesuatu yang mungkin sulit untuk kita temukan disekililing kita, dengan tinggal memasukkan  kata kunci yang kita inginkan di mesin pencari kemudian enter/search semua yang kita cari akan kita temukan, ribuan blog  yang menginformasikan bahkan  jutaan. Hebat bukan ? Akan tetapi, kiranya semua orang masih mengesampingkan peluang-peluang yang ada di dalamnya, kebanyakan orang hanya asyik –asyik untuk melepas kepenatan padahal ini merupakan kesempatan emas untuk yang muda dan yang tua.Selain itu , Internet merupakan penyambung silatuhrahmi  dengan berbagai bentuk seperti jejaring sosial, komunitas, grup, poto, video, toko online, e-commerce dan semuanya itu ada di internet.
KOMPAS.com - Hasil riset memperlihatkan bahwa pertumbuhan penggunaan Internet di Indonesia terus meningkat. Jika di tahun 2010 lalu rata-rata penetrasi penggunaan Internet di kota urban Indonesia masih 30-35 persen, di tahun 2011 ini ditemukan oleh MarkPlus Insight bahwa angkanya sudah di kisaran 40-45 persen.

Misalkan :
Anda mempunyai sebuah usaha , usaha tersebut masih baru dan anda ingin memperkenalkan  produk dari usaha anda tersebut sedangkan lokasi usaha anda berada dipinggiran, maka bandingkan  bila anda memasarkannya langsung “face to face” pada konsumen. Bila satu hari anda hanya dapat memasarkan 10 produk dengan menawarkan pada 40 orang, maka pemasaran sekaligus pengiklanan produk anda pada hari itu hanya berkisar 40-80 orang(30 orang dari lisan yang anda temui). Sebaliknya bila pemasaran sekaligus pengiklanan anda juga melalui media online, maka pemasaran dan juga pengiklanan anda angka meningkat berlipat-lipat ganda.

Dari contoh di atas kita dapat meyimpulkan makna yang bermanfaat bagi wirausahawan yang ingin mengembangkan usahanya memalui internet baik dengan jejaring sosial ataupun web dan blog.
  1. Dengan media sosial kebutuhan lokasi strategis dapat diminimalisirkan.
  2. Dengan media sosial pengalaman semakin bertambah sehingga makin peka terhadap permasalahan-permasalahan yang terjadi dilapangan
  3. Dengan media sosial pemasaran dan pengiklanan semakin cepat diketahui oleh konsumen
  4. Dengan media sosial kita akan  lebih cepat mengetahui apa yang diinginkan konsumen
  5. Dengan media sosial potensi yang ada pada diri kita dapat tersalurkan dan menemukan sesuatu yang baru yang dapat dijadikan guru daloam kehidupan
  6. Dengan media sosial yang jujur dan aman , maka anda akan dikenal dan dipercayai oleh konsumen dan investor..

Nah sekarang masihkah anda ragu dengan kekuatan  internet, internet dapat merubah segalanya, kembangkan usahamu dengan melaui media sosial . semoga tulisan yang singkat ini dapat bermanfaat

Penulis : Arifin Ilham
1.     

Indonesia Memilih Indonesia Memilih Indonesia Memilih Indonesia Memilih

0 Komentar
Twit
Komentar

0 komentar:

Posting Komentar